EKSPLORASI: Day 1.

Senin, 12 Desember 2016.

Jam 6:30 malam WIB.

Aku akan pergi ke Jogja bersama teman-temanku untuk melakukan riset tentang makanan.
Teman-teman yang ikut EKSPLORASI adalah:
Adinda, Andro, Ceca, Donna, Fattah, Kaysan, Aku, Yudhis, dan Zaky.
Anak-anaknya berkurang, tadinya ada 11 orang yang ikut, 2 lainnya tidak jadi ikut.
Dhifie, karena pertandingan basket di Bali, dan Emma, karena katanya ia belum siap.

Aku jalan dari rumahku bersama ayahku menuju Stasiun Pasar Senen untuk naik kereta ke Lempuyangan, Jogja. Vyel dan ibuku tidak bisa ikut karena sedang di Bangka, Vyel sedang bertanding di Kejurnas (Kejuaraan Nasional) Wushu, ibuku menemani Vyel.

Aku dan ayahku jalan kira-kira 1 jam lewat, saat sampai di St. Pasar Senen kami agak telat karena sibuk mencari jalan dan mencari parkir. Saat sedang mengambil tiket ke parkiran St. Pasar Senen, aku lihat Zaky dan kakaknya, mbak Ima sedang duduk, dan sedang jajan. Aku mencoba melambai, tapi mereka tidak lihat.

Saat aku turun mobil, kulihat jam 8 malam lewat 10 menit. Aku panik takut telat, tetapi ternyata Zaky yang terakhir datang.

Selagi menunggu kereta, kami mengobrol dan bercanda.

screen-shot-2016-12-24-at-2-44-52-pm
Dari ki-ka: Ceca, Yudhis, Fattah, Kaysan, Zaky, aku, Donna, dan Adinda. CREDIT

Semuanya berkumpul, kecuali Andro. Karena beberapa minggu yang lalu ia pindah ke Jogja, jadi kami bertemu Andro saat sudah di Jogja.

Kami (anak-anak) dan para orang tua berfoto-foto dulu sebelum kami masuk ke stasiun. Setelah foto-foto, kami berpamitan, lalu masuk ke dalam stasiun.
Aku berpamitan dengan ayahku. Aku agak sedih karena Vyel tak ada disini, tetapi aku juga sangat excited!

Kami masuk ke dalam kereta, lalu mencari tempat duduk kami.
Aku diposisikan duduk di sebelah Zaky, dekat jendela, dan campur dengan orang lain. Sementara sisanya duduk di belakangku.

Jam 10:30 malam WIB.
Kereta mulai berjalan.
Aku berusaha mencari topik bahan bicaraan agar Zaky tidak bosan, tetapi aku gagal :/ Setiap kali aku ngobrol dan bercanda dengan Zaky, pasti nanti ada 4-5 detik keheningan diantara kami 😐
Kami (aku dan Zaky) mengobrol dengan teman yang dibelakang, tapi lama-lama susah juga, karena kami harus memutar badan kami dan harus berdiri. Kasihan yang duduk bersama kami, takutnya terganggu…
Tetapi ternyata aku dan Zaky duduk berdua ada untungnya. 😀
Anak-anak yang lain sempat ditegur karena berisik.

Akhirnya aku dan Zaky memutuskan untuk tidur saja. Toh, sudah malam, nanti paginya kan langsung memulai Eksplorasi.
Zaky sudah tidur, tapi aku tidak bisa tidur. Mungkin aku terlalu excited karena Eksplorasi segera dimulai. Sekali-kali aku menengok kebelakang, rasanya ingin nimbrung, tapi posisi badanku masih tidak enak. Ya sudah, akhirnya aku berusaha untuk tidur. 

Akhirnya aku tidur. Tapi saat aku tidur, ternyata aku bersandar kepada bahunya Zaky! Berkali-kali aku bangun dan membenarkan posisiku, tapi balik terus :p
Eh, ternyata Zaky juga bersandar di bahuku, jadi kami sama-sama bersandar 

Jam 6:00 pagi WIB. 

Saat aku bangun, kulihat ke jendela, sudah pagi, dan banyak sawah, mungkin sudah diluar Jabodetabek. Dan saat aku bangun, posisinya seperti ini:
Badannya Zaky menyandar ke badanku, dan badanku menyandar ke jendela 

Aku merasakan tanganku ada yang aneh. Aku tidak bisa menggerakkan tanganku karena badannya Zaky, jadi aku gerakkan jari-jarinya, tidak apa-apa kok. Lalu ku sentuh jari-jarinya.
Telunjuk, tak apa-apa. Jari tengah, juga tak apa-apa. Jari manis? Oke kok. Kelingking… Eh? Nggak berasa? Pikirku.
Oh! Ternyata badannya Zaky menghimpit aliran darah ke jari kelingking!

Aku memang tidak tega membangunkan orang yang sedang tidur, jadi Zaky tidak kubangunkan.
Ya sudah, tahanin aja, semoga nanti Zaky cepat bangun.
Saat aku sedang melihat pemandangan diluar, ternyata Kaysan memotret aku dan Zaky dengan kameranya Yudhis!

Akhirnya Zaky berpindah posisi. “Aahh.. leganya jariku.. Dalam hatiku.
Aku membalik badanku untuk melihat teman-teman yang lain. Orang yang di duduk di depan aku dan Zaky sudah tidak ada, jadi aku agak leluasa untuk bergerak.
Saat aku mereka melihatku, mereka menertawai aku dan Zaky karena posisi tadi yang lucu.

Beberapa kali saat kami sedang bercanda, seorang pemuda di sampingnya Yudhis ikut tertawa karena lelucon yang dibuat oleh Kaysan. Zaky, Andro, dan Kaysan memang pandai membuat lelucon. Bahkan pemuda itu sampai ikutan tertawa!

Di tengah-tengah obrolan, Yudhis bilang kepadaku, “La, bangunin Zaky gih. Suruh sholat.”
Ya sudah, kubangunkan Zaky. “Zak, bangun. Sholat gih..”, kataku. Zaky bangun.
Setelah Zaky bangun, dia ke toilet, sementara aku tetap mengobrol dengan teman-teman.

Zaky balik dari toilet, dan saat ia balik, aku beritahu kejadian semalam dan tadi.
Ini percakapan kami:
Aku: “Badan lu nyender ke gue, gue nyender ke jendela. Kelingking tangan gue sampe gak berasaaa..”  
Zaky: “Hah? Serius? Kok bisa ga berasa kelingkingnya?” 
Aku: “Mungkin badan lu ngehimpit aliran darah gue?, jadinya mati rasa..”
Zaky: “Oh.. trus kenapa lu gak bangunin gue?”
Aku: “Gak tega :P”

Kami menerima SMS dari kakak-kakak fasilitator, ini SMS-nya:

“Yahuuu selamat datang di jogja! 😀 Saat turun di St. Lempuyangan, disarankan umtuk ke toilet dulu. Silahkan cuci muka, sikat gigi dan buang hajat, sebelum keluar stasiun. Nanti keluarlah dari PINTU TIMUR. Kami kakak-kakak fasilitator menunggu di ruang tunggu di luar stasiun”

Jam 7:40 pagi WIB. 

Kereta sampai di Stasiun Lempuyangan. Kami buru-buru turun, sampai minumanku ketinggalan. Untungnya aku sengaja membawa minumnya Aqua botol, jadi kalau tertinggal juga, ya sudah. Tapi sayangnya minuman tehku ketinggalan padahal masih lumayan banyak..

Laporan keuangan: 

Pengeluaran: —
Total pengeluaran: —
Saldo: —

Next: EKSPLORASI: DAY 2

Leave a Reply

